BeritaBerita DIniyahBerita SMPJURNALIS SMP

Berani Berpendapat Lewat Acara Bahtsul Masail

img-20161109-wa0000Sidoarjo. 22 Oktober 2016. Bahtsul Masail merupakan istilah yang terangkai dari dua suku kata, yaitu : Bahtsu yang artinya pembahasan atau penelitian dan Masail (bentuk jamak dari masalah) dengan arti beberapa masalah. Dengan demikian Bahtsul Masail adalah sebuah kegiatan (forum) diskusi keagamaan untuk merespon dan memberikan solusi terhadap problematika aktual yang muncul dalam kehidupan.

Acara Bahtsul Masail merupakan acara yang digelar rutin dua minggu sekali oleh Madrasah Diniah (Madin) Sekolah Progresif Bumi shalawat. Bahtsul Masail adalah pembahasan masalah-masalah yang muncul dikalangan masyarakat yang belum ada hukum dan dalilnya dalam agama. Bahtsul Masail ditujukan untuk melatih siswa berpendapat didepan umum, melatih dalam menyampaikan studi pustaka serta memahami naskah surat dengan konteks kekinian. Acara ini diadakan pukul 20.00 – 22.00 WIB .

img-20161109-wa0001

Acara ini di ikuti oleh 10 kelompok santri putra. Masing-masing kelompok terdiri atas satu sampai lima orang. Untuk minggu lalu topik permasalahan yang dibahas adalah mengenai air mutlak yang digunakan untuk bersuci. Santri yang berpartisipasi dalam minggu lalu adalah Akhimudin Choiri kelas VB dan Koko Aljabir kelas VIA.

Ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan. Namun ada dua pertanyaan inti yang disampaikan oleh dewan juri kepada  dua peserta tersebut. Pertanyaan yang pertama adalah bagaimana hukum bersuci dengan air embun jika seseorang tersebut telah tersesat ditengah hutan dan sama sekali tidak menemukan air. Sementara pertanyaan yang kedua adalah mengenai fenomena sosial. Pertanyaannya mengenai bagaimana jika terdapat seseorang yang memiliki karomah bahwa ia dapat mengeluarkan keringat sebanyak yang ia mau. Banyak orang yang ingin  bersuci dan mengkonsumsi air keringat yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Bagaimanakah hukum hal tersebut walaupun seandainya air keringat tersebut sudah disaring dengan PURE IT. Acara berlangsung sangat seru. Berbagai pendapat dan sanggahan terlontar dari santri-santri Progresif. Walaupun diselenggarakan pada malam hari, para peserta terlihat tetap antusias mengikuti acara sampai berakhir.

 

Tim Jurnalis SMP [nia/mfd/jhn]

One thought on “Berani Berpendapat Lewat Acara Bahtsul Masail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *