Blood Type Test

Praktikum Biologi – Jurusan IPA, identik dengan pelajaran seperti fisika, kimia, dan tentunya biologi. Di SMA Progresif Bumi Shalawat ini, anak-anak jurusan IPA tak hanya mendapatkan materi  dan teori terus-menerus saja. Melainkan  mereka juga diajak untuk berpraktikum, kali ini praktikum berasal dari pelajaran biologi pada materi Sistem Peredaran Darah.

Jum’at lalu (23/09/16) saat mata pelajaran biologi yang diampu oleh Ustadzah Kinan, seluruh siswi-siswi kelas XI IPA 1 Al Baitar melakukan praktikum berupa tes golongan darah. Di hari-hari sebelumnya, seluruh siswi terlebih dahulu diberi info seperti makan yang teratur, tidur yang cukup, dan tidak terlalu memberatkan pikiran mereka.

Diskusi tentang praktikum
Diskusi tentang praktikum

“Tujuan dan manfaat dari tes golongan darah ini adalah untuk mengetahui golongan darah para siswi, dan juga untuk mengetahui hubungan kekerabatan dari siswi-siswi, apakah si siswi ini anak dari bapak ibunya atau anak tetangganya.” Kata guru biologi yang mendampingi siswi-siswi kelas Al Baitar saat praktikum.

“Tentunya, diharapkan kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan. Selain para siswa-siswi mendapatkan materi dari sang guru pembimbing, mereka juga dapat belajar secara langsung dan melatih skill mereka. Apalagi minat dari kebanyakan anak IPA adalah cita-cita mereka sebagai dokter, tentunya sangat penting.” Tambah Ustadzah Kinan.

Di tes golongan darah, darah dari jari-jari para siswi yang sudah diambil dengan menggunakan alat yang bernama blood lancet dan lancing pen akan dicampurkan dengan beberapa serum, seperti anti-A, anti-B, anti-AB, dan juga anti-Rh. Jika perubahan telah terjadi, maka para siswi akan mengecek di buku pelajarannya masing-masing, masuk golongan darah manakah jika perubahan darah yang terjadi seperti ini?

Pengetesan golongan darah
Pengetesan golongan darah

“Tadi itu tes golongan darah, pertamanya sih biasa-biasa aja. Ditesnya pakai alat yang seperti bulpen yang ada jarumnya, peranak beda-beda jarum. Eh pas dites, kayak dicetek bulpen gitu rasanya kaget. Tiba-tiba aja keluar darah, terus darahnya ditetesin di blood card sama dicampurin serum-serum. Kalau udah, terus dilihat termasuk golongan darah apa.” Kata Rifda Atiqoh salah satu siswi Al Baitar yang mengikuti tes golongan darah.

Serum penguji golongan darah
Serum penguji golongan darah

Walapun tes golongan darah berlangsung dengan agak tegang tetapi siswi-siswi menikmatinya dengan sangat antusias, para siswi saling bertukar informasi mengenai apa golongan darah mereka, A, B, AB, ataukah juga O dan apa rhesus mereka, positif ataukah negatif. [End] [Ser]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *