DO’A AKHIR TAHUN

whatsapp-image-2016-10-06-at-9-41-49-amPada tanggal 2 Oktober 2016 yang bertepatan dengan tahun baru Islam tanggal 1 Muharram 1438 H. Sekolah Progresif Bumi Sholawat mengadakan kegiatan tahunan yaitu pembacaan do’a awal dan akhir tahun. Di samping itu Madrasah Diniyah Progresif Bumi Sholawat juga mengadakan Musabaqoh Qiroatul Kutub ( Lomba baca kitab ) dan asrama putri menggelar acara muhadhoroh akbar asrama putri yang dilaksanakan setelah shalat isya.

Pembacaan do’a diawali dengan membaca surat yaasin sebanyak tiga kali dilanjutkan membaca tahlil setelah sholat ashar. Pembacaan do’a akhir tahun dibaca sebelum adzan maghrib berkumandang. Dan do’a awal tahun ba’da adzan maghrib di Masjid Mubin Wal Amna untuk putri dan untuk putra Masjid Birrul Walidain. Setelah pembacaan do’a dan jama’ah maghrib ada acara makan tumpeng bersama.

whatsapp-image-2016-10-05-at-2-26-26-pm

Sabtu,1 Oktober 2016 diadakan lomba penyisihan baca kitab yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Ulya, Wustha, dan Ula. Untuk Ulya terdiri dari kelas I diniyah yang membaca Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah. Untuk Wustha terdiri dari kelas II dan III diniyah yang membaca Kitab Matan Ghoyah Wa Taqrib. Untuk kategori Ula terdiri dari kelas IV, V, dan VI Diniyah membaca kitab yang sama dengan kategori Wustha yaitu Kitab Matan Ghoyah Wa Taqrib.

Saat Sabtu malam setelah Isya’ terdapat lomba foto dengan 10 ustadzah yang berbeda. Adapun kategorinya adalah kekompakan, kesopanan, kekreatifan, kerapian kostum yang dikenakan. Lomba itu berlangsung sampai pukul 22.00 WIB. Para pemenang mendapatkan hadiah berupa dispenser, pulang dan keluar selama satu bulan, voucher keluar hari senin selama satu bulan dan banyak lagi.

whatsapp-image-2016-10-05-at-2-26-18-pm

whatsapp-image-2016-10-05-at-2-26-17-pm

Muhadhoroh akbar asrama putri tersusun dari beberapa acara. Yaitu pidato bahasa inggris (speech), pidato bahasa arab (khithobah), qiro’ah dan sari tilawah, penampilan drama, dan sebagai penutup penampilan tari indang. secara umum kegiatan do’a akhir tahun di Pondok Pesantren Bumi Shalawat berlangsung meriah dan beranfaat.

[Tim Jurnalis SMP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *