“English Camp” Sebagai Sarana Pengembangan ESP (English For Specific Purposes)

Di tahun pelajaran ini, Sekolah Progresif mengadakan sebuah program yang diberi nama English Camp. Program ini bertujuan melatih siswa untuk menggunakan bahasa yang mereka pelajari khususnya bahasa inggris (Immersion). Lebih lanjut lagi, program ini adalah pengembangaan ketrampilan berbahasa yang sering disebut ESP (English for Specific Purposes). Apasih ESP itu? ESP (English For Specific Purposes) adalah suatu pendekatan baru dalam pengajaran dan penggunaan Bahasa Inggris untuk bidang dan kajian khusus yang sesuai dengan kebutuhan bidang ilmu dan profesi pengguna Bahasa Inggris tersebut. Bidang ilmu dan profesi tersebut misalnya Bahasa Inggris untuk ilmu perhotelan, hukum, kedokteran, teknik mesin, ekonomi, atau maritim dan lain sebagainnya.
Program ini sudah berjalan sekali dalam semester ganjil ini. Sebagai langkah awal , Program ini dilaksanakan di Kampoeng Sinau yang berlokasi di Kecamatan Buduran pada tanggal 15 – 22 Oktober 2016 dan diikuti oleh kelas Omar Khayyam, Al Jaelani, Al Asyari dan Al Khawarizmi. Karena ini adalah program pemanasan, siswa diajak untuk mempraktekkan bahasa Inggris sabagai English as daily life language. Jadi selama sehari penuh, semua siswa diwajibkan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris baik dengan teman, guru dan juga setiap orang yang berada di lokasi pembelajaran. Sebagai contoh ketika siswa mau beli minuman, meraka harus menggunakan bahasa Inggris. No English No Service.
Pada kesempatan awal ini, kami beruntung karena Kampoeng Sinau kedatangan volunteer dari Finlandia yang bernama Miss Wilma Wahlgren,. Beliau bercerita tentang kehidupan dan budaya masyarakat Finlandia. Selain itu beliau juga menceritakan tentang dunia pendididikan disana. Sebagaimana kita ketahui bahwa Finlandia adalah Negara yang terkenal dengan sistem pendidikan terbaik dunia. Selain itu, para siswa juga di minta untuk menunjukan budaya Indonesia dan juga lagu Indonesia. Sebelum keasyikan dimulai, Miss Wilma Wahlgren menyanyikan Lagu Kebangsaan Finlandia, setelah itu giliran para siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan saling memperkenalkan budaya masing-masing. Dan tak lupa, Miss Wilma Wahlgren mempersilakan siswa untuk bertanya.
Selain kegiatan bersama volunteer, para siswa juga belajar tentang bahasa Inggris yang meliputi Vocabulary challenge, Listening dan pastinya diajak bemain games oleh kakak –kakak fasilitator Kampoeng Sinau. Meraka memberikan games yang menantang dan mengasyikkan. Para siswa terlihat antusias dengan berbagaai kegiatan dan pengalaman yang didapat pada kesempatan kali ini.
Untuk English Camp selanjutnya kemana ya ?? Let’s wait and see……. See you on the next amazing challenge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *