Etika Berlalu Lintas dengan Satlantas Polresta Sidoarjo

Pada hari Kamis, 28 September. Sekolah SMP Progresif Bumi Sholawat kedatangan tiga polisi dari Satlantas Polresta Sidoarjo. Salah Satunya bernama Bapak Ahmad Saripi, beliau mendapat jabatan Inspektur. Beliau menjelaskan  tentang etika yang baik saat berlalu lintas. Dengan rasa kepedulian beliau menjelaskan kepada siswa-siswi SMP Progresif  agar menaati peraturan lalu lintas. Salah satu kejadian di bulan Februari mengenai 13 pelajar kecelakaan disebabkan karena kurang persiapan saat mengendarai kendaraan bermotor dan kurangnya umur.

Mereka juga mengenalkan kita pada penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Bapak Saripin berkata, “99% dari kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh faktor manusia”. Kebanyakan pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm, selain itu pengendara mobil juga jarang menggunakan safelit dan mereka sering menggunakan hand phone saat berkendara. Salah satu penyebabnya juga terdapat pada jalan yang berlubang dan gundukan.

Bapak Setiawan berpesan yang juga ikut mendampingi acara tersebut berpesan,”Berhati-hatilah saat berkendara dengan memerhatikan rambu-rambu, jangan menyalah gunakan media social dan berpintar-pintarlah dalam mencari pergaulan”. Di Sidoarjo masih banyak jalan yang belum dipasang rambu-rambu lalu lintas. Beliau juga berkata bahwa  Dinas Perhubungan mempunyai kewajiban untuk memasang rambu-rambu lalu lintas dan juga mengatasi jalan-jalan yang berlubang, agar dapat mengurangi tingkat kecelakaan di Sidoarjo. Sudah seharusnya kita bisa memahami keadaan lingkungan sekitar. Jadi teman-teman berhati-hatilah saat berkendara.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *