Ilmuwan yang Santri

Dirgahayu Indonesia – Euforia kemerdekaan selalu terasa setiap tahun pada bulan Agustus. Seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaannya yang ke – 71, termasuk seluruh warga SMP dan SMA Progresif Bumi Shalawat mengadakan peringatan upacara yang dipimpin oleh Ustadz H. Mahmud Al Fahmi S.E, yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SMP Progresif Bumi sholawat pada tanggal 17 Agustus 2016 lalu.

paskibra saat mengibarkan bendera pusaka

Paskibra Smasif saat mengibarkan Bendera Pusaka

Semua tatanan paskibra hari bersejarah itu tampak elok dan rapi, lantunan lagu yang dinyanyikan terdengar sangat berirama nan indah, Ustadz Fahmi pun tak lupa menyampaikan beberapa patah kata pada pidato pagi itu. Dalam pidatonya beliau menyampaikan pentingnya peran santri dalam pergerakan nasional Indonesia.  Oleh karena itu, generasi – generasi muda yang nantinya akan menggantikan para petinggi – petinggi negeri yang mungkin sekarang sedang duduk di kursi-kursi DPR MPR ini, harus memiliki semangat belajar dan rasa nasionalisme tinggi untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

upacara

Suasana Upacara

Tak hanya itu, beliau juga menuturkan bahwa kemerdekaan itu tak luput dari berkat Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itu, kita juga tak boleh lupa untuk selalu berdoa dan hormat kepada guru dan orang tua. Percaya ga percaya teman, faktor “x” itu selalu ada. Jadi, esensi kemerdekaan itu bukan hanya sekedar perjuangan leluhur – leluhur kita yang berjuang keras dengan bambu runcing mereka, tapi lebih dari itu. Kemerdekaan adalah perjuangan fisik, batin, hingga berbagai pemikiran pahlawan-pahlawan dan leluhur terdahulu kita.

Inspektur“Santri yang ilmuwan dan Ilmuwan yang santri” itulah kata terakhir yang disampaikan ustadz fahmi dalam pidatonya pagi itu. Dengan semangat kebangsaaan serta karakter santri, inshaaAllah akan terbentuk NKRI yang lebih baik.

Oleh : Adinda Ummur Rasyidah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *