BeritaBerita SMAPrestasi

Keberkahan Hari Santri Nasional

Hari Santri – Hari Santri Nasional telah ditetapkan pada tanggal 22 Oktober, hal yang mendasari adalah resolusi jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA. KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu. Seruan itu sangat diperlukan pada era saat ini, bukan karena kita akan melawan para penjajah yang merebut kemerdekaan lagi, namun seruan itu harus menjadi pembakar semangat para santri seluruh Indonesia untuk berjihad di jalan kebenaran, salah satu cara berjihad adalah dengan berprestasi melalui potensi yang dimiliknya.

Jihad Firdaus, Juara 3 Lomba Baca Puisi
Jihad Firdaus, Juara 3 Lomba Baca Puisi

Lagi-lagi, SMA Progresif Bumi Shalawat menorehkan prestasi di dalam event Hari Santri Nasional. Pada tanggal 19 – 22 Oktober 2016 SMA progresif mampu membawa dua sekaligus piala kemenangan. Jihad firdaus dari kelas Cheng Ho dalam lomba baca puisi tingkat provinsi di Bangkalan,Madura dan meraih juara 3. Lomba ini diadakan oleh lembaga NU untuk memperingati Hari Santri Nasional lomba ini diikuti oleh kalangan santri se-Jawa Timur begitu membanggakan bukan, tidak cukup itu saja. Sekolah kita juga berhasil mendapatkan piala dari lomba News Cast yang berhasil  dibawakan oleh Nawabika Izzah. Lomba News Cast tersebut bertempat di UNESA, lidah kulon, Surabaya. Lomba tersebut adalah lomba tingkat nasional. Ketika nawabika ditanya bagimana perasaannya mendapatkan juara pada lomba tersebut dia berkata “ya pasti kaget, soalnya gak nyangka baru pertama kalinya ikut lomba news cast, lagian pesertanya juga banyak, pertama kali masuk di ruangan juga minder karena semuanya menggunakan kostum sedangkan aku hanya menggunakan seragam batik” ujarnya saat diwawancara.

Nawabika, Juara Lomba News Cast
Nawabika, Juara Lomba News Cast
Rahma Novhira, Juara 2 Lomba Orasi Kepemudaan
Rahma Novhira, Juara 2 Lomba Orasi Kepemudaan

Tidak berhenti hanya disitu saja, prestasi siswa SMA Progresif Bumi Shalawat juga membanggakan, pada tanggal 28 Oktober 2016 dalam rangka language festuival, Damam Syah dari kelas Albumasar telah menorehkan namanya sebagai juara 3 dalam lomba speech competition yang diselenggarakan oleh kampus UNESA, dan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda kemarin, siswa kita yang bernama Rahma Novhira dari kelas Al Baitar juga menorehkan sebagai juara 2 Orasi Kepemudaan yang diselenggaran oleh KNPI Sidoarjo.

Berbagai penghargaan yang telah diraih adalah suatu keberkahan lebih yang telah menjadi cara jihad para siswa-siswi SMA Progresif Bumi Shalawat dalam hal mengembangkan potensi mereka. Berani tampil dalam mengorasikan, membaca puisi, membaca berita hingga speech competition adalah cara mereka berjihad sebagai seorang santri. Keberkahan ini semua adalah untuk mereka para santri di seluruh Indonesia, bahwa kalian adalah calon penerus bangsa Indonesia, banggakan dengan cara kalian dengan cara yang benar dan galih terus potensi yang ada di dalam diri kalian. Salam hari santri nasional.

Damam, Juara 3 Speech Contest
Damam, Juara 3 Speech Contest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *