Berita SMA

Kegiatan SMA PROGRESIF di UPT.PATPH Sidoarjo

Kami para siswa dan siswi sma progresif berangkat ke puspa lebo pada jam 13.00, setelah sampai di sana kami diterangkan secara singkat bagaimana cara bertanam dengan baik dan benar. Dengan didampingi para pembimbing yaitu Bp. Slamet dan Bu.Novi materi diterangkan menggunakan slide show serta di selipkan sesi Tanya jawab.

panenmelonSetelah sekitar satu jam yakni pukul 14.00 kami meninggalkan aula dan menuju green house.
Dalam green house kami para siswa dan siswi progresif belajar untuk menanam serta merawat melon golden langkawi. Kegiatan tersebut dilakukan per minggu dalam 2,5 bulan, sebagai berikut :
– Pada minggu pertama penanaman melon menggunakan bibit dengan media brounies, disebut media brownies karena bentuk media tanam menyerupai brownies.
– Pada minggu kedua yaitu kegiatan memupuk pada tanaman melon, yang menggunakan pupuk ZA dengan takaran 1gr/ltr Dan meningkat setiap minggu.
– Pada minggu ke tiga kami melakukan hal yang sama dengan minggu pertama serta menali tanaman melon agar tanaman melon dapat merambat ke atas.
– Pada minggu ke empat kami diperkenalkan untuk menanam tomat dan prakteknya pun sama dengan menanam melon hannya saja dalam penanaman tomat tidak didalam green house dan tidak menggunakan tali namun menggunakan ajir.
– Pada minggu menanammelonke lima Sebelum terjun ke lapangan kami diajarkan mengenai macam macam hama tanaman, hama tanaman dibagimenjadi tiga yaitu: hama, penyakit, dan virus. Yang dapat diberantas dengan tiga macam obat yang berbeda. Pada hari ini kami mulai merawat dua tanaman sekaligus yaitu tanaman melon dan tomat, kegiatan pada hari itu adalah membersihkan hama dari sekitar gulutan dan diantara tanaman.

Hingga 2,5 Bulan Buah dapat dipanen, dimana kegiatan ini dilakukan bulan September dan tepat tanggal 03 November 2014 melakukan Panen Raya….. Alhamdulillah

(Kontributor : gading, alfian, calvin – Siswa SMA PROGRESIF)

 

Liputan Media : JAWA POS – SIDOARJO

smaprogresif-panenmelon

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *