Mata Air Kearifan: PROGRESIF TV

Di era globalisasi ini, masyarakat dihadapkan pada dua cara berpikir yang akut dan riskan; ekstrim kanan yang radikal mengatasnamakan Islam dan ekstrim kiri mengatasnamakan liberal (kebebasan berpikir tanpa batas) yang menjadikan agama sebagai urusan pribadi semata, bukan agenda sosial, oleh karenanya tidak perlu didakwahkan. Kedua cara berpikir ini akan merusak jati diri suatu bangsa yang plural, seperti Indonesia.

Peran media akhir-akhir ini juga sangat menentukan dalam mengonstruksi cara berpikir masyarakat, berada di tengah-tengah (tawasuth) atau terjebak kedalam pemikiran ekstrim di atas adalah dua pilihan yang tidak dapat dihindari. Lebih jauh lagi, media bahkan telah menjadi sebuah arena Ghoswul Fikr (perang pemikiran/ideologi). Maka, kelompok-kelompok Islam yang mampu berpikir tawasuth, mengedepankan sikap toleran dan kebangsaan untuk menjadi sumber mata air kearifan bagi masyarakat sangat dibutuhkan kehadirannya. Satu tantangan yang mudah diucapkan, namun sulit dipraktikkan, bukan?

Berangkat dari paradigma inilah Pesantren Progresif hadir dengan media Progresif TV, mengawal Islam yang Rahmatallilalamin yang dapat kita akses di https://www.youtube.com/channel/UC7Rs_KE-_jI55Cdp9cStvMg

Jangan lupa subscribe channel kami dan ikuti kajian-kajian menarik yang disampaikan oleh Dewan Ustadz dari Pesantren Progresif Bumi Shalawat.

Ditulis oleh Ustadz Faruq Ubaidillah*

*Beliau adalah seorang pendidik Bahasa Inggris di SMA Progresif Bumi Shalawat dan Murobbi Pesantren Bumi Shalawat yang tertarik pada isu-isu dialog antar agama. Tulisan beliau yang lain dapat diakses di http://independent.academia.edu/UbaidillahMFaruq

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *