BeritaBerita SMAFoto KegiatanJURNALIS SMA

Mencoba Jadi Mahasiswa, Siswa Kelas 12 Kuliah Sehari di STIKES

Setelah melewati Ujian Akhir Semester (UAS) yang menegangkan, Siswa-siswi Kelas XII Al-Baqir dan Az-Zahrah, Kamis (08/12) lalu akhirnya sampai pada sebuah kesempatan yang menyenangkan. Raut muka ceria nampak di wajah siswa-siswi. Pada hari tersebut, mereka akan bertandang ke Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Rumah Sakit Anwar Medika yang terletak di Jalan By Pass Krian Sidoarjo, tak lain untuk mengikuti kegiatan kuliah sehari di Sekolah Tinggi tersebut. Dengan didampingi oleh dua guru yaitu Ustadzah Ika dan Ustadzah Anin, Siswa-siswi Kelas XII Al-Baqir dan Az-Zahrah yang berjumlah 22 orang berangkat menuju tempat tujuan pada pukul setengah delapan pagi hari.

Salah satu siswa mencoba untuk uji Haemoglobin dalam darah

Hampir satu jam perjalanan terlewat, rombongan tiba di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Rumah Sakit Anwar Medika. Seluruh rombongan langsung disambut oleh pegawai Rumah Sakit tersebut, yang sekaligus merangkap dosen, kemudian dipandu untuk berkeliling melihat Rumah Sakit Anwar Medika. Selanjutnya, siswa-siswi bersama para guru diajak untuk mengunjungi beberapa laboratorium. Pada mulanya, rombongan mengunjungi laboratorium Patologi dan Hemologi, di laboratorium ini, mereka belajar bagaimana menentukan Hb seseorang. Dari tes laboratorium inilah, penyakit seseorang dapat ditentukan.

Kakak senior memberikan pengarahan cara meracik obat

Tak hanya itu, siswa juga berkunjung ke laboratorium farmasi dan beberapa laboratorium lain. Di laboratorium farmasi, siswa-siswi ikut membantu meracik sebuah resep obat yang diminta oleh dokter besama para kakak senior yang telah berkuliah di kampus kesehatan tersebut. Sekitar pukul setengah dua belas tengah hari, rombongan berkumpul di aula untuk melakukan ramah tamah dengan pihak Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Rumah Sakit Anwar Medika. Kegiatan kuliah sehari lalu ditutup dengan sesi foto bersama sebagai kenangan untuk kedua pihak.

Sekolah Progresif berfoto bersama dengan jajaran Dosen, dan Kepala Sekolah STIKES dr. Farida

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Rumah Sakit Anwar Medika notabene merupakan kampus swasta baru terakreditasi yang telah berdiri selama kurang lebih dua tahun. Sekolah Tinggi ini memiliki tiga prodi, yakni D-3 Analis Kesehatan, D-3 Farmasi, dan S1 Farmasi. Adanya kegiatan kuliah sehari di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Rumah Sakit Anwar Medika diharapkan menambah wawasan dan membuka cakrawala bagi siswi-siswa kelas XII sebagai para calon mahasiswa tentang dunia perkuliahan, terutama bagi yang berminat dalam bidang kesehatan dan kedokteran.

Written By: Umi Nahdliyah (Az-Zahrah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *