GuruSekolah Menengah Pertama (SMP)

MENDIDIK DENGAN HATI: MEMACU POTENSI TERBAIK SANTRI

Oleh : Muhammad Guntur Kurniawan, S.Pd.
(Guru Bahasa Indonesia SMP Progresif Bumi Shalawat)

What the students are going to study, is as important as what the teachers are going to teach.
-Lois E. Lebar

Agaknya apa yang dikatatakan Lois E. Lebar, pakar desain kurikulum Wheaton College (1945—1975), tersebut sangat relevan dengan konstelasi pendidikan di Indonesia dewasa ini. Minat, bakat, dan hobi siswa jarang sekali terakomodasi. Bukan hanya karena tidak tersedianya fasilitas penunjang yang memadai, tetapi juga karena guru memaksakan untuk selalu memberikan ilmu sesuai dengan keinginan pribadinya sendiri. Memang, ilmu yang disampaikan guru sangat penting dalam kehidupan. Namun, pertanyaannya adalah: apakah itu benar-benar yang siswa mau? Apakah itu benar-benar yang siswa butuhkan?

Berangkat dari hal tersebut, SMP Progresif Bumi Shawalat menyusun kurikulum pendidikannya atas asas keberadilan: keinginan guru dan santri (siswa) sama-sama diakomodasi sekaligus diberikan fasilitas penunjangnya. Santri tidak hanya diberikan materi-materi pelajaran berdasarkan kurikulum yang diterapkan sekolah. Mereka juga diberi keleluasaan penuh mengembangkan minat dan bakatnya di masing-masing bidang. Program unggulan seperti public speaking, outdoor learning, native speaker, dan lain-lain sengaja dibuat untuk memuluskan niat serta tujuan memberi pelayanan terbaik kepada santri.

caption-salah-satu-atlet-kontingen-pencak-silat-smp-progresif-bumi-shalawat-sedang-bertanding-di-gelanggangDi luar dua hal tersebut, SMP Progresif Bumi Shalawat juga menyediakan total sejumlah 19 ekstrakurikuler yang tersebar dalam bidang akademik dan nonakademik (leadership, pengembangan minat dan potensi, serta olahraga). Dibuat sebanyak dan seberagam mungkin tentu untuk menjaring keseluruhan minat dan bakat para santri. Santri memiliki lebih dari cukup pilihan yang bagus berkaitan dengan pengembangan minat dan bakatnya. Tidak berhenti sampai di situ. SMP Progresif Bumi Shalawat juga mengelola program ekstrakurikuler (berhubungan dengan lomba) dengan sangat tersruktur dan sistematis. Ustaz Tri Kusdarmanto Wahono, sebagai Koordinator Ekstra, membawahi beberapa Koordinator Lomba dalam beberapa gugus ekstrakurikuler. Dengan begitu, alur komando tersusun jelas, penanggungjawab selalu bekerja maksimal, dan pada akhirnya segala kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan minat serta bakat siswa berjalan dengan lancar.

Mendidik dengan hati: memacu potensi terbaik santri. Judul tulisan ini cukup mewakili apa yang sedang SMP Progresif Bumi Shalawat lakukan. Bahwa tujuan akhir pendidikan yang paling penting bukan sekadar perubahan sikap santri menjadi lebih baik, tetapi juga memaksimalkan potensi yang sejatinya sudah ada dalam diri santri semenjak ia lahir. Puji syukur alhamdulillah, dari program-program yang tersebut di atas, SMP Progresif Bumi Shalawat tidak pernah kering prestasi akademik dan nonakademik.

caption-tim-robotika-smp-progresif-bumi-shalawat-berhasil-menyabet-juara-1-lomba-robotika-nasional-kelas-transporter-manual-di-kediriTerhitung mulai tahun pelajaran 2016/2017 bergulir, tidak kurang dari belasan kejuaraan beserta puluhan trofi kemenangan berhasil diraih. Mulai dari Olimpiade Matematika UIN Jakarta yang mana SMP Progresif Bumi Shalawat menyapu bersih juara di tingkat provinsi sampai menjadi Juara 1 Lomba Robotika Nasional Kelas Transporter Manual di Kediri. Terbaru, kontingen pencak silat SMP Progresif Bumi Shalawat berhasil menyabet total 21 trofi dan berhasil menjadi Juara Umum Usia Dini dalam Kejuaraan P.O. Beraksi 3 Universitas Jember se-Jawa Bali. Bahkan, atlet atas nama Nabilah Maritza, kelas 7 SMP, berhasil menggondol predikat Pesilat Putri Terbaik dalam kejuaraan tersebut. Tentu hal-hal tersebut di atas tidak dicapai dengan mudah seperti membalik telapak tangan. Perlu program yang berkesinambungan, konsistensi kerja yang stabil, serta tekad sekuat baja untuk selalu menjadi yang terbaik. Jauh di atas itu, yang paling penting adalah kolektivitas kerja seluruh civitas akademik SMP Progresif Bumi Shalawat. Seperti kata bijak bestari, “usaha tidak akan mengkhianati hasil”.

“Memulai pekerjaan adalah sunnah, sedangkan memeliharanya adalah wajib.”
-Ali Bin Abi Thalib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *