BeritaBerita SMP

Menjadi Santri yang Menginspirasi

img-20161022-wa0026Khusuk dan hikmat, itulah nuansa yang nampak pada upacara Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2016 di lapangan Sekolah Progresif Bumi Shalawat. Semua santri Progresif, baik Ustadz-Ustadzah maupun Murobbi-Murabbiah ikut larut dalam upacara yang diperingati setiap tahun itu. Hari Santri Nasional merupakan bentuk apresiasi negara terhadap peran santri dalam melawan penjajahan pada masa kolonial. Sebagai santri tentunya harus bangga dengan hal itu. Tidak hanya sekedar bangga malah, sebagai santri kita sebaikya terus mempertahankan bahkan mungkin lebih semangat lagi dalam meneruskan cita-cita para ulama terdahulu. Salah satu hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan siswa adalah dengan menjadi santri yang dapat menginpsirasi.

Selama ini santri selalu diidentikkan dengan kata kolot, yang jauh dari perkembangan zaman. untuk mengubah presepsi itu dibutuhkan sebuah langkah, yaitu menjadi santri yang mengispirasi. Sebagai santri Progresif kita wajib sukses dalam segala hal, berprestasi di semua bidang dan tentunya disertai dengan akhlak yang baik.  Sehingga cara pandang orang terhadap santri dapat berubah menjadi hal yang positif. Dengan prestasi, pandangan orang terhadap santri yang hanya pintar mengaji dan beribadah akan berangsur-angsur menghilang.

Semakin banyak santri yang dapat menginpirasi masyarakat, maka akan muncul pula perasaan bangga yang selama ini jarang ada dalam diri santri. Santri haruslah bangga menjadi dirinya sebelum dapat menginspirasi masyarakat. Dengan adanya perasaan bangga pada diri santri, maka akan muncul hal-hal positif dalam setiap tindakannya. Dengan perasaan bangga menjadi santri, santri akan lebih berprestasi dalam hal akedemik maupun non akademik. Karena dengan gelar santri yang disandang akan meminimalisasi perbuatan yang dianggap kurang baik. Kata-kata “AKU BANGGA MENJADI SANTRI” juga serentak diucapkan sebelum upacara hari santri nasional berakhir.  Dan kalimat tersebut seolah menghipnotis semua santri Progresif untuk dapat berprestasi dan menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *