Berita DIniyahBerita SMAJURNALIS SMA

MUSABAQOH KITAB KUNING MADRASAH DINIYAH

Qolal mushannifu rohimahullahu ta’ala wa nafa’na bihi wa bi ulumihi fid daraini aamiin, kerap terdengar dari peserta musabaqah. Musabaqah kitab kuning kali ini adalah lomba membaca kitab Fathul Qorib karangan Syeikh Abu Shuja’ yang diadakan oleh lajnah Diniyah Yayasan Progresif Bumi Shalawat, yang bertujuan untuk memperingati Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. yang jatuh pada tanggal 6 Mei 2016 nanti.

Esok dini hari (01/04/16)  Ahad pukul 08.00 WIB musabaqoh kitab kuning mulai berlangsung, ditandai dengan pembukaan oleh MC. Kemudian disusul dengan sambutan yang disampaikan oleh Ustadz Arshy Fajar Alimuddin selaku perwakilan kepala Madarasah Diniyah dan Ustadz Arif selaku panitia musabaqoh.

Tak kalah menarik, Banjari Madrasah Diniyah pun turut eksis pada pembukaan acara dengan menyanyikan lagu-lagu Tashrif. Musabaqoh ini di moderatori oleh Ustadz Marvel dan 3 orang Ustadz yang menjadi juri, salah satunya adalah Ustadz Arul. Tampak 50 peserta Musabaqoh memadati dan berlatih keras sesaat sebelum perlombaan dimulai di lapangan SMP Progresif Bumi Shalawat.

Teknisi lomba adalah: Mula-mula peserta mengambil maqro (Bacaan) di moderator, kemudian menaiki panggung lalu memulai membaca Maqro saat lampu biru menyala, menjelaskan isi maqro saat lampu orange menyala, dan yang terakhir saat lampu merah menyala ialah sesi tanya jawab.

Nafisah Ahmad Muafi Membaca Maqro'
Nafisah Ahmad Muafi Membaca Maqro’

Pukul 11.30 peserta diperkenankan untuk meninggalkan tempat acara, tuk melakukan ishoma dan selanjutnya kembali pada pukul 13.00. kembali untuk menuntaskan Musabaqoh dan menghadiri babak final. “Lomba ini sangat bermanfaat, apalagi baru pertama kali diadakan oleh Madrasah Diniyah. Awalnya sih Gugup, Tapi akhirnya seru kok, jadi lebih bisa mengenal dunia pesantren dengan pengamalan membaca kitab kuning.” Tutur Nafisah Ahmad Mu’afi, peserta nomor urut 11 Musabaqoh kitab kuning ini.

Musabaqoh ini, dibagi menjadi 2 tingkatan. Yang pertama tingkatan Wustha yang diikuti oleh kelas 1, 2, dan 3 Madrasah Diniyah, dan yang kedua tingkatan Ulya yang diikuti oleh kelas 4 dan 5. Final diadakan sekitar pukul 14.00 dengan mengambil 3 peserta terbaik per-angkatan. Suasana final pada siang hari ini sangat berkobar lantaran para peserta final tak mau kalah satu sama lain.

Muhammad Ainul Yaqin Mendapat Sertifikat Juara
Muhammad Ainul Yaqin Mendapat Sertifikat Juara

Banyak kejadian menarik pada saat musabaqoh berlangsung. Diantaranya salah satu peserta yang bernama Muhammad Ainul Yaqin (Kelas 5 Madrasah Diniyah) membaca kitab kuning dengan arti jawa dan juga menadakan maqro yang dibacanya ala syeikh-syeikh, yang membuat para audience terpukau dan terhibur oleh penampilannya.

Dari hasil babak final, diperoleh juara I, II, III tingkat Wustha: Syarif Hidayatullah, Hanif Al-Fath, dan Hilmatul Fu’adiyah. Adapun juara I, II, III tingkat Ulya adalah M. Ainul Yaqin, Umi Nahdhiah, dan Nur Anisa Maulida Rahmah. Musabaqoh ini berakhir dengan pembagian sertifikat, dan pembagian hadiah pada saat acara Muhadoroh Akbar malam ini. [End] [Ser]

One thought on “MUSABAQOH KITAB KUNING MADRASAH DINIYAH

  1. Saya ingat, dulu saat pernah mengikuti lomba musahabqoh kitab kuning yang diadakan oleh depag surabaya, tapi sayangnya saya kalah dengan santri hebat lainnya haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *