Penggalangan Dana Muslim Rohinya

Selasa, 18 September 2017. Sekolah Progresif menggadakan penggalangan dana untuk para korban muslim Rohinya yang berada di pemukiman Puspa Argo, Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan BES SMA & SMP Sekolah Progresif dan beberapa ustad & ustadzah. Kegiatan ini dilaksanakan salah satunya untuk mewujudkan visi sekolah progresif yaitu “Kokoh spiritual, mapan intelektual” dengan artian agar siswa dan siswi Sekolah Progresif memiliki sifat saling tolong-menolong sesama kaum muslim.

Disana kami disambut dengan baik oleh warga Rohinya. Mereka sangat mengapresiasi kedatangan kami. Di sana mereka menceritakan keluh kesah yang mereka rasakan di tempat tinggalnya. Mereka merasa aman berada di sini, bersama dengan orang-orang yang ramah dan peduli pada keberadaan mereka.

Rohinya adalah salah satu kaum yang ada di Negara Myanmar. Mereka hidup tercukupi dengan sumber daya alam yang melimpah, terutama minyak. Mayoritas penduduk di daerah tempat tinggal mereka adalah pemeluk islam dan lainnya penganut budha. Sebenarnya konflik ini sudah lama terjadi. Sejak 1991, kewarganegaraan mereka dicabut dan diganti dengan kartu putih. Pembantaian pun mulai terjadi. Rumah-rumah dikunci dan dibakar, warga yang mencoba meloloskan diri ditembak.

Mereka mulai bermigrasi ke Indonesia pada tahun 2013. Biaya hidup mereka ditanggung oleh PBB, namun mereka tidak dapat mencari pekerjaan, membuat mereka semua menjadi pengaagguran. Mereka berencana untuk melakukan migrasi ke Australia.

Sebagai umat muslim harusnya kita bersyukur. Kita masih dapat menikmati rasanya bernafas lega tanpa khawatir akan datangnya senapan peluru. Semoga dengan adanya peristiwa ini kita dapat menjadi pribadi yang lebih bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *