Santri Terampil Mengumandangkan Bacaan Bilal

img-20160927-wa0005Jumat siang setelah sholat Jumat, para santri putra Pondok Pesantren Bumi Sholawat mengikuti pelatihan bilal Jumat yang dibimbing oleh Ustadz Faishal. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan santri menjadi bilal Jumat yang baik dan benar. Disamping itu, hal ini juga bertujuan untuk mencetak santri bermental baja maksudnya siap untuk tampil di depan umum. Manfaat dari kegiatan ini adalah ketika lulus dari pondok, santri dapat menjadi bilal di masjid mana pun.

Program ini diikuti oleh santri putra SMP dan SMA yang berminat. Ada sekitar 33 santri yang mengikuti pelatihan ini. Namun, belasan santri yang terpilih akan menjadi bilal Akbar Jumat di Masjid Birul Walidain, sedangkan santri yang lainnya akan menjadi bilal Akbar di masjid lain di luar Pondok Pesantren.

Ketika diwawancarai oleh tim jurnalis SMP, para santri pelatihan bilal cenderung rilek tanpa ada rasa gugup ketika mengumandangkan bacaan bilalnya karena sebelum santri di seleksi santri diberi bimbingan terlebih dahulu seperti cara  mengatur intonasi, jeda, dan ekspresi. Dengan diadakan program atau acara ini, santri dapat mengisi waktu luang di hari Jumat dengan kegiatan positif yang melatih kepercayaan diri tampil di depan umum.

[Tim Jurnalis SMP]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *