Berita SMAJURNALIS SMA

Sekolah Progresif Menjadi Tuan Rumah Musabaqoh Kitab Kuning Tingkat Nasional

Ce_vwE4UYAAw1lV (1)Dini hari (02/04/16) Pesantren Progresif Bumi Shalawat menjadi tuan rumah terselanggaranya Musabaqah Qiroah Kitab Kuning Tahap 1 Tingkat Nasional. Sidoarjo, Surabaya, Probolinggo, Lamongan, Gresik, Bojonegoro, Mojokerto, dan daerah yang lain adalah beberapa kota yang mengikuti babak penyisihan di pesantren Progresif. Sasaran peserta lomba ini adalah pemuda pemudi Indonesia berumur 17-30 tahun.

Kitab yang digunakan untuk musabaqoh ini adalah kitab Ikhya Ulumuddin, karangan Imam Al Ghazali. Persiapan kegiatan dimulai pukul 06.30 WIB oleh panitia yang merupakan santriwan dan santriwati pesantren Bumi Shalawat. Terlihat beberapa peserta telah datang lebih awal, sebagian dari mereka ada yang belajar, melihat-lihat pesantren, dan ada juga yang hanya sekedar mengambil gambar dan selfie. Acara yang langsung diketuai oleh H. Syaikhul Islami Ali, M. Sos ini mendapat tanggapan yang sangat positif dari berbagai khalayak, lebih-lebih pemuda pemudi Indonesia.

Pembukaan acara dimulai kurang lebih pada pukul 10.00 WIB. Dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, oleh Ustad Khoirul Anwar. Adapun sambutan pertama, oleh H. Aria Muhammad Ali, Lc. selaku tuan rumah yang dilanjutkan sambutan ke dua oleh wakil bupati Kabupaten Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, SH. Opening Musabaqah Qiroah Kitab Kuning tingkat Nasional ini dibuka oleh Bapak Menteri Ristek dan Dikti, Muhammad Nashir. Acara yang terakhir yakni do’a dipimpin oleh K.H. Ali Maghfur Syadhili, baru kemudian disusul dengan perlombaan.

Pertama-tama, peserta dipersilahkan mengambil Maqro’ yang ada di panitia, Maqro’ ini berisi bab yang akan dibacakan, kemudian peserta menaiki panggung yang telah disediakan. Jika lampu merah menyala, peserta diperisyaratkan untuk mulai membaca dan mengartikan. Kemudian mereka menerangkan kesimpulan bab yang mereka baca pada saat lampu kuning menyala. Lampu terakhir yakni biru dimana peserta akan mendapat pertanyaan dari salah satu juri.

Berakhirnya Musabaqah Qiroah Kitab Kuning ini sekitar pukul 22.00 WIB, ditandai dengan pembacaan pemenang atau peserta yang lolos dalam tahap ini. Lagi-lagi, Pesantren Progesif Bumi Shalawat pun juga ambil bagian, pasalnya delegasi-delegasi mereka Mutamimatul Khoir dan Fatimatus Sholichah Marush lolos pada tahap penyisihan ini.

“Selamat dan sukses Musabaqah Kitab Kuning Tingkat Nasional. Menghidupkan tradisi ulama’ salaf” tulis K.H. Agoes Ali Mashyuri dalam twitter beliau. Sungguh hal yang sangat membanggakan bagi Pesantren Progresif, selain menjadi tuan rumah mereka juga memenangkan lomba yang diadakan oleh partai PKB ini pula. [End] [Ser]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *