BeritaBerita SMAJURNALIS SMA

Student Exchange to America; YES & IFS program

SMA Progresif – Sekali lagi mendatangkan Native Speaker dari luar negeri. Tapi kali ini bukan sekedar Native Speaker yang didatangkan, CONSULATE GENERAL of AMERICA, Mrs Heather Variava beserta dua rekannya berkunjung ke sekolah progresif.

Kehadiran konjen yang berkantor di Jl. Citra Raya Niaga no.2 Surabaya tersebut disambut dengan hangat oleh warga sekolah Progresif. Acara dilaksanakan di ILC SMA PROGRESIF BUMI SHALAWAT. Tidak hanya siswa dan siswi SMA yang menyambut kedatangan mereka, tetapi siswa dan siswi dari SMP pun juga ikut menghadiri acara tersebut. Pengasuh Kyai Hj. Agoes Ali pun ikut berpartisipasi dan meluangkan waktu beliau untuk memberikan sambutan.

Ms. Variava menyampaikan program yang diadakan untuk siswa SMA
Ms. Variava menyampaikan program yang diadakan untuk siswa SMA

Berdasarkan hasil diskusi, mereka menawarkan dua program bagi pelajar SMA khususnya untuk warga kelas X yakni program YES dan IFS. Salah satu program mereka yakni program YES pada tahun 2003 telah mengirim lebih dari 700 siswa dari Indonesia. Program ini juga membuka kesempatan bagi siswa difabel [tuna netra, tuna rungu, tuna wicara] untuk mengikuti program tersebut. Dan bagi para siswa yang mengikuti program, siswa tersebut akan tinggal dengan keluarga baru di Amerika dan bersekolah di highschool setempat.

Namun untuk mengikuti program-program tersebut tentu harus memenuhi syarat yang ditetapkan. Untuk program YES batasan usia bagi yang ingin mengikuti 1 Agustus 2000 – 1 Januari 2001 sedangkan untuk program IFS batasan usianya 1 Agustus 1999 – 1 Agustus 2001. Dengan adanya persyaratan usia, kelas XI tidak memungkinkan untuk mengikuti program tersebut.

Acara berlangsung dengan sangat meriah dan penuh dengan kehangatan. Diakhiri dengan foto bersama, lagu perpisahan dari anggota Paduan suara mengalun mengiringi acara yang disambut cukup baik oleh para CONGEN. Acara tersebut berakhir tepat pukul 15:05 WIB. [ewe]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *