Surau Progresif

Syarat-syarat Mencari Ilmu Menurut Imam Ali

Dalam mendapatkan sesuatu, tentunya terdapat syarat-syarat tertentu. Begitu juga dengan ilmu, berikut ini adalah syarat-syarat mencari ilmu menurut Imam Ali dalan nadhom ciptaanya :

الا لا تنال العلم الا بستة     سأنبيك عن مجموعها ببيان

ذكاء وحرص واصطباروبلغة     وارشاد استاذ وطول زمان

  1. ذكاء Kecerdasan ( intelligence )

Ada beberapa kecerdasan yang harus kita kembangkan dalam diri kita diantaranya : kecerdasan linguistik, logika,gerak,spacial,musik,intrapersonal, interpersonal dan kecerdasan naturalis.

  1. وحرص Ketamakan ( greediness )

Ketamakan akan ilmu artinya tidak ada perasaan puas dalam mencari beragam pengetahuan, baik agama maupun pengetahuan umum.

  1. واصطبار Kesungguhan ( seriousness )

Keberhasilan mendapatkan ilmu pengetahuan akan diperoleh jika ada keseriusan. sebagaimana pepatah arab mengatakan : “Man jadda wajada ” Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil ”

  1. وبلغة Biaya ( expense )

Mendapatkan ilmu yang bermanfaat tidaklah gratis, tetapi dibutuhkan biaya sebagai penunjang kebutuhan akan segala bentuk sumber ilmu dan medianya agar ilmu tersebut dapat berkembang.

  1. وارشاد استاذ Dekat dengan guru

Guru merupakan sosok yng digugu dan ditiru. Kedekatan murid dengan guru diharapkan membawa keikhlasan guru dalam memberikan ilmunya kepada murid. Kedekatan dalam arti bahwa ta’dzim ( rasa hormat )murid kepada guru. karena guru yang baik merupakan warasatul anbiya ( pewaris para nabi ) yang layak di jadikan teladan bagi kita.

  1. وطول زمان Waktu yang panjang

Keberhasilan dalam mencapai pengetahuan tidaklah diperoleh dengan instan. Tetapi butuh proses yang lama agar keilmuan kita matang. dan dapat diaflikasikan dalam kehidupan sepanjang hayat. long life education.