TIM BAHASA JEPANG SMASIF: MENGUKIR PRESTASI DAN BERSAING DI TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR

Assallamualaikum Wr. Wb.

Mina-san, genki desu ka? (bagaimana kabar kalian semua?). Semoga dalam keadaan sehat wal’afiyat.

Tak terasa sudah di penghujung tahun pelajaran 2016-2017, ini berarti mina-san sudah harus bersiap-siap mengikuti Ujian Kenaikan Kelas.

Hari ini Sabtu, 20 Mei 2017, sensei akan memberitahukan ke kalian semua prestasi apa saja yang sudah diraih oleh Tim Bahasa Jepang SMA Progresif Bumi Shalawat selama satu tahun pelajaran 2016-2017 ini.

Alhamdulillah berkat ridha Allah SWT dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, Tim Bahasa Jepang yang tergabung dalam Nihongo Kurabu (Klub Bahasa Jepang) SMA Progresif Bumi Shalawat dapat menjuari di beberapa lomba bahasa Jepang yang diadakan oleh Perguruan Tinggi di Surabaya tingkat Jawa Timur antara lain:

Bunkasai Japan Pop Culture

Lomba ini diadakan oleh Universitas Negeri Surabaya pada hari Sabtu, 26 November 2016. Siswa yang mewakili dalam lomba ini yaitu Kelfi Darisna (XI – Az Zachel), Ahmed Zaiyan (XI – Al Petragius), M. Faris Nur Fauzi (XII – Al Baqir), M. Nabili (X – Cheng Ho), M. Zadda (X – Cheng Ho),  dan M. Nazih (X – Cheng Ho). Setiap siswa mengikuti lomba yang berbeda-beda. Kelfi Darisna mengikuti lomba Membaca Berita bahasa Jepang, Ahmed Zaiyan dan M. Faris Nur Fauzi mengikuti lomba olimpiade, M. Nabili, M. Zadda,  dan M. Nazih mengikuti lomba kakikikitori (mendengarkan kosakata bahasa Jepang).

Alhamdulillah dari lomba ini tim bahasa Jepang berhasil memenangkan 1 Juara, yaitu Juara 3 Lomba Membaca Berita bahasa Jepang se-Jawa Timur oleh Kelfi Darisna.

Bunkasai Yume o Miyou

Lomba ini diadakan oleh Universitas Dr. Soetomo Surabaya pada hari Minggu, 12 Maret 2017. Siswa yang mewakili dalam lomba ini yaitu Kelfi Darisna (XI – Az Zachel),  Inaya Rania (XI – Al Baitar), Ahmed Zaiyan (XI – Al Petragius), M. Hafidz (XI – Al Petragius) dan M. Wafi (X – Thebit),. Setiap siswa mengikuti lomba yang berbeda-beda. Inaya Rania dan Kelfi Darisna mengikuti lomba Membaca Puisi bahasa Jepang, Ahmed Zaiyan, M. Hafidz dan M. Wafi mengikuti lomba kakikikitori (mendengarkan kosakata bahasa Jepang).

Alhamdulillah dari lomba ini tim bahasa Jepang berhasil memenangkan 1 Juara, yaitu Juara 1 Lomba Membaca Puisi bahasa Jepang se-Jawa Timur oleh Inaya Rania.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba, silahkan dibaca puisi bahasa Jepang di bawah ini.

 

お母さんは ただ一人

(いわさきちひろ)

 

お母さん!

お母さんは せかいに ただ一人

どこを さがしても

二人と ママは いない

お母さんが わからない 人も…

やはり お母さんは います

お母さんが しんだ 人も

ほんとうの お母さん ではないけれど

心を ばけます

心の お母さんが…

きっと いるのだ

でも やっぱり

お母さんは ただ一人。

Bunkasai Japaniversal

Lomba ini diadakan oleh Universitas 17 Agustus Surabaya pada hari Minggu, 30 April 2017. Siswa yang mewakili dalam lomba ini yaitu Kelfi Darisna (XI – Az Zachel),  Inaya Rania (XI – Al Baitar), Ahmed Zaiyan (XI – Al Petragius), M. Hafidz (XI – Al Petragius), M. Nabili (X – Cheng Ho), dan M. Wafi (X – Thebit). Setiap siswa mengikuti lomba yang berbeda-beda. Inaya Rania dan Kelfi Darisna mengikuti lomba Membaca bahasa Jepang, Ahmed Zaiyan dan M. Hafidz mengikuti lomba olimpiade, M. Nabili dan M. Wafi mengikuti lomba kakikikitori (mendengarkan kosakata bahasa Jepang).

Alhamdulillah dari lomba ini tim bahasa Jepang berhasil memenangkan 3 Juara, yaitu:

Juara 1 Lomba Olimpiade bahasa Jepang se-Jawa Timur oleh Ahmed Zaiyan.

Juara 2 Lomba Membaca bahasa Jepang se-Jawa Timur oleh Inaya Rania.

Juara 3 Lomba Membaca bahasa Jepang se-Jawa Timur oleh Kelfi Darisna.

Alhamdulillah selama satu tahun pelajaran 2016-2017, Tim bahasa Jepang sukses bersaing di tingkat provinsi Jawa Timur. Semoga klub bahasa Jepang SMA Progresif Bumi Shalawat akan terus menerus mengukir kesuksesan dan prestasi hingga dapat mewujudkan impiannya untuk melanjutkan belajar ke Negeri Sakura. Amin Yaa Robbal’alamin.

Ditulis oleh:

Pembina Bahasa Jepang SMASIF

Iva Nurlaili Sensei

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *