Ujian Praktik IPA?? Siapa Takut..!!!

Ujian Praktek IPA (Fisika dan Biologi) SMP Progresif berlangsung hari kamis, 30 maret 2017. Mengapa sih harus ada ujian praktek IPA??? Sekedar menggugurkan kewajiban untuk mendapatkan nilai ataukah ada hal lain yang penting???

Ya…..

IPA bisa dianggap sebagai salah satu pelajaran yang menyenangkan. Kenapa?? Karena banyak kegiatan yang di lakukan di laboratorium.. Benarkan??

Ujian praktek sebagai salah satu rangkaian ujian yang harus diikuti oleh siswa menjadi salah satu alat evaluasi yang sepenuhnya melibatkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk itu diperlukan persiapan/perancangan yang matang agar ketiga ranah tersebut dapat tercapai secara optimal. Hal ini membutuhkan pemikiran, waktu, biaya dan pendukung yang tidak sedikit.

Ujian praktek IPA telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Materi yang tahunnya. Dengan dilaksanakan ujian praktek fisika ini diharapkan laboratorium IPA, akan lebih “hidup” lagi apalagi sebagai jantungnya pelajaran IPA.

Dengan diadakan Ujian Praktek IPA Fisika ini diharapkan akan mampu :
1. meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar IPA
2. meningkatkan motivasi belajar siswa
3. meningkatkan ketrampilan siswa dalam menggunakan peralatan laboratorium

Materi yang diujikan dalam ujian praktek IPA pada tahun 2017 ini adalah sebagai berikut :

1. Asam basa
2. Uji makanan
3. Mikroskop
4. Jangka sorong
5. Pengukuran massa jenis

Bukan tanpa alasan materi yang diambilkan untuk ujian praktek ini. Salah satu alasannya adalah menyesuaikan dengan ketercukupan alat maupun perkiraan waktu yang terbatas agar ujian praktek tersebut dapat berjalan sesuai jadwal serta tidak terlalu memberatkan peserta ujian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *