Sambut Tahun Ajaran Baru, Guru SMP Progresif Ambil Inspirasi dari Ziarah Wali

SMP Progresif Bumi Shalawat– (Selasa, 9 Juli 2024) Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, Dewan Guru dan Karyawan SMP Progresif Bumi Shalawat mengadakan kegiatan ziarah ke makam para wali. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk spirit perjuangan dalam pendidikan sebelum memulai tahun ajaran baru. Kegiatan ini dilaksanakan dengan lokasi ziarah di Sidoarjo dan Pasuruan.

Potret ustaz dan ustazah sedang berdoa sebelum memulai perjalanan

Kegiatan ziarah ini bertujuan untuk memperkuat spiritualitas dan mengenang perjuangan para leluhur yang telah berjasa dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Di antara makam yang diziarahi adalah makam Mbah KH. Dasuki, Mbah KH. Muhdlor, Syarifah Khadijah Bangil, Mbah KH. Hamid Pasuruan, dan Mbah Syarif Arif Segoropuro.

Suasana kegiatan terasa sangat khidmat. Sejak pagi hari, rombongan Dewan Guru dan Karyawan SMP Progresif Bumi Shalawat pertama-tama berziarah ke makam Mbah KH. Dasuki, seorang ulama yang dikenal atas dedikasinya dalam mengajarkan Islam.

Ziarah Mbah KH. Dasuki, Lebo Sidoarjo

Setelah itu, perjalanan berlanjut ke makam Mbah KH. Muhdlor, seorang wali Allah yang dihormati. Para peserta ziarah mengungkapkan kekaguman mereka terhadap keikhlasan dan kesederhanaan hidup yang dijalani oleh beliau. Kegiatan ziarah ini tidak hanya sekadar mendoakan para wali, tetapi juga merenungkan nilai-nilai kehidupan yang telah mereka teladankan.

Ziarah Mbah KH. Muhdlor

Selanjutnya, menuju makam Syarifah Khadijah di Bangil. Sebagai seorang wanita shalihah, Syarifah Khadijah dikenal karena pengaruhnya dalam mendukung dakwah islam, khususnya di Pasuruan dan sekitarnya.

Ziarah Syarifah Khadijah, Bangil Pasuruan

Tidak berhenti di situ, perjalanan dilanjutkan ke makam Mbah KH. Hamid Pasuruan, seorang ulama kharismatik yang dikenal dengan doa-doanya yang mustajab. Salah satu dewan guru merasa sangat terberkati bisa berkunjung ke makam beliau dan berdoa di tempat tersebut. Harapannya, semangat perjuangan dan doa-doa beliau bisa menjadi teladan dan motivasi dalam mendidik siswa-siswi di sekolah.

Dokumentasi para ustaz setelah ziarah Mbah KH. Hamid Pasuruan

 

Dokumentasi para ustazah setelah ziarah Mbah KH. Hamid Pasuruan

Kegiatan diakhiri dengan ziarah ke makam Mbah Syarif Arif Segoropuro. Di sini, para dewan guru mendapatkan kesempatan untuk lebih mengenal sosok beliau yang dikenal dengan kesalehannya dan kecintaan yang mendalam kepada ilmu pengetahuan.

Ziarah Mbah Syarif Arif Segoropuro, Pasuruan
Foto bersama para ustaz selepas ziarah Mbah Syarif Arif Segoropuro, Pasuruan
Foto bersama para ustazah selepas ziarah Mbah Syarif Arif Segoropuro, Pasuruan

Dalam suasana yang penuh rasa syukur dan haru, Ustazah Sitab menyampaikan, “Kegiatan ziarah ini sangat bagus untuk dilakukan secara rutin yang bertujuan untuk selalu mengingatkan kita untuk selalu mengingat kehidupan setelah di dunia ini. Kita juga bisa bisa menjadikan motivasi untuk kita bagaimana para wali Allah itu meskipun setelah meninggal dunia ini tapi masih memberikan keberkahan untuk orang-orang di sekitar seperti contoh pedagang yg ada di sekitar area makam yg mencari rezeki dari para peziarah. Sepatutnya kita harus bisa menjadi orang yg selalu bisa bermanfaat untuk orang di sekitar kita meskipun nantinya kita telah menyelesaikan kehidupan di dunia ini.”

Ustaz Segaf menambahkan, “Agenda hari ini sangat religius dan mengokohkan spiritual batin kita. Selain asupan jasmani, kita juga butuh kegiatan yang bisa mengisi rohaniah kita. Wisata religi menjadi fasilitas sehingga kita juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah, berwasilah dan mengenal para wali-wali di daerah Jawa Timur, khususnya Pasuruan. Harapannya kita menyambut tahun ajaran baru dengan keikhlasan dan munajat kepada Allah melalui wali-walinya. Semoga Allah mengijabah doa dan hajat kita.”

Potret sebelum keberangkatan
Potret sebelum keberangkatan

Dengan kegiatan ini, diharapkan para guru dan karyawan SMP Progresif Bumi Shalawat dapat memasuki tahun ajaran baru dengan semangat baru dan spiritualitas yang lebih kokoh. Mereka berharap bahwa semangat perjuangan para wali yang telah mereka ziarahi dapat menjadi inspirasi dalam mendidik dan membimbing siswa-siswi mereka.

Sesi foto para ustaz setelah ziarah di Syarifah Khadijah Pasuruan
Sesi foto para ustazah setelah ziarah di Syarifah Khadijah Pasuruan

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen refleksi bagi para guru dan karyawan untuk terus meningkatkan kualitas pengabdian mereka dalam dunia pendidikan. Dengan semangat kebersamaan dan kekhusyukan, mereka kembali ke sekolah dengan hati yang penuh rasa syukur dan tekad yang kuat untuk memberikan yang terbaik bagi para siswa di tahun ajaran baru ini.

Diharapkan, kegiatan ziarah seperti ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahun, untuk terus memperkuat spiritualitas dan menanamkan nilai-nilai luhur kepada seluruh warga sekolah. Ini adalah langkah nyata untuk membangun karakter yang kuat dan berakhlak mulia, sesuai dengan visi dan misi SMP Progresif Bumi Shalawat. (JH)

Share

Share on Facebook
Share on WhatsApp
Share on Twitter
Share on Linkdin
Share on Pinterest